Review Album ST12 – Pangeran Cinta

Setelah sukses dengan album – album sebelumnya, kini, ST12 kembali meluncurkan album keempat mereka yang bertajuk “Pangeran Cinta” yang menampilkan citarasa musik yang beragam. ST 12 menggarap musik hibrida, yakni memggabungkan berbagai karakter musik tanpa kesan memaksa. Judul album mereka ini diambil dari salah satu judul lagu yang terdapat di dalam album ini. Tema tersebut terinspirasi dari figur seorang pangeran yang kerap dijadikan panutan serta diidolakan rakyatnya.

Dalam album teranyar mereka, Charly, vokalis sekaligus selaku komposer keseluruhan lagu di album ini menunjukkan pergeseran yang patut dicatat, terutama kelenturan yang harus disesuaikan dengan tema lagu. Hal ini dapat dilihat di tembang pembuka”Terlalu” dimana ST12 berupaya mengangkat ragam musik Melayu dengan latar aransemen string yang indah.

Lagu ”Setiaku” pun menunjukkan keragaman ST12 dalam karyanya. Range vokal Charly yang luas memnjadikannya mampu menyeruakkan alunan vokal berkonotasi rock. Lagu ini diciptakan khusus untuk fans mereka.

Selanjutnya, ”Aku Padamu”, yang juga menjadi jagoan dalam album yang berisikan 12 lagu ini. Lagu ini menyusupkan growling teknik vokal menggeram dengan suara rendah dan parau yang lekat dengan gaya grup metal pada bagian pembuka lagu. Lagu ini pun didukung oleh koor harmoni ala Queen yang disuarakan oleh Charly’s Angels, kelompok vokal trio yang dibentuk dari sebuah reality show, ”Charly mencari Angels” di salah satu televisi swasta Indonesia.

Eksperimen yang dilakukan oleh Charly, Pepep, dan Pepeng pun kembali tertumpah pada lagu Lady Sky dimana lagu ini membaurkan beberapa kecenderungan gaya musik mulai dari rock melayu, ska, hingga gipsy pada bagian reffrain dengan aksentuasi brass section.

Sebagai wujud terima kasih kepada ST Setia, begitu sapaan bagi penggemar ST12, dibagikan 50.000 merchandise berupa emblem bagi pembeli album original mereka.

Klik judul lagu di bawah ini untuk download
Tracklist :
1.    Terlalu
2.    Setiaku
3.    Aku Padamu
4.    Dunia Pasti Berputar
5.    Pangeran Cinta
6.    Masa Kecil
7.    Lady Sky
8.    Aku Terjatuh
9.    Anugerah Cinta
10.    I Love You
11.    Sayedina
12.    Sebuah Kenyataan


Penting..!!! Sebelum Melakukan Proses Download, Sebaiknya Anti Virus apapun di Komputer sobat harap di nonaktifkan Terlebih dahulu ya. Agar Patch Full Versionnya Dapat di Unduh juga. Makasih ^_^